Tag

, ,

Tekel / Dachshund

Tekel / Dachshund

Anjing dengan tubuh yang panjang dan kaki yang pendek merupakan cirri khas dari anjing trah Dachshund atau Teckel. Trah ini mempunyai berbagai fungsi; anjing sahabat, anjing jaga, dan anjing keluarga.

Padahal , anjing ini pertama kali di peruntukan untuk berburu. Karena dia memiliki kaki yang pendek sehingga sering mengalami kesulitan untuk melewati semak-semak belukar akhirnya anjing ini tidak lagi dipergunakan sebagai teman untuk berburu.

Sejarah

Nenek moyang anjing ini berasal dari Jerman . Dachshund dan Basset Hound berasal dari nenek moyang yang sama. Walaupun bertubuh kecil dan pendek, Dachshund memiliki sifat yang sangat berani, dia tidak segan-segan untuk menyerang binatang yang lebih besar dari tubuhnya. Dachshund berasal dari kata Dachs yang berarti Badger (sejenis binatang seperti bajing yang hidup di bawah tanah biasanya banyak ditemukan di Negara Eropa) dan Hound yang berarti anjing Jerman.

Anjing ini mempunyai penciuman yang sangat tajam, dia sangat cepat mengetahui keberadaan hewan Badger walaupun dibawah tanah. Dachshund dapat dengan mudah menelusuri lorong-lorong bawah tanah yang di buat oleh Badger karena badannya yang kecil, pendek dan panjang. Oleh karena itu, sekarang anjing ini sangat senang menangkap tikus . Anjing trah ini sekarang juga banyak digunakan oleh kepolisian untuk membantu dalam pelacakan obat terlarang. Selain nama Dachshund dan tekel anjing ini juga dikenal dengan nama anjing sosis di seluruh dunia karena tubuhnya yang panjang seperti sosis.

Karakteristik

Ukuran Dachshund di bagi menjadi 2 jenis, Standard an Miniature. Dachshund memiliki tubuh yang 2 kali lebih panjang disbanding tinggi badannya. Jantan memiliki tinggi antara 9-11 in dengan berat badan maksimal 7,5 Kg. Betina memiliki tinggi antara 8-9 in dengan berat badan antara 6-7 Kg..

Dachshund memiliki 3 jenis bulu; bulu pendek, bulu panjang dan bulu kasar (wire haired) . Warna; balck and tan, red and tan, red, brown sable, grey, dan daple. Sekarang banyak ditemukan Dachshund erwarna white daple dengan warna mata biru. Untuk anjing show, Dachshund diharuskan berwarna black and tan, red and tan, red, brown sable. Warna daple tidak diperbolehkan untuk mengikuti show.

Dachshund merupakan anjing yang lincah dan suka bermain. Anjing ini termasuk anjing yang mudah dilatih, sangat setia dan merupakan anjing penjaga yang hebat.

Perawatan

Untuk yang berbulu pendek, anjing ini memiliki sedikit bau badan. Perawatan bulunya juga sangat mudah, hanya perlu disikat 2 kali dalam seminggu . Bulunya yang sangat pendek tidak perlu sering dimandikan cukup di lap dengan kain lap karet yang basah setiap hari. Untuk yang berbulu panjang, harus disisir sedikitnya 2 kali dalam sehari. Sedangkan yang berbulu kasar perlu ditrimming.

Hindari Dachshund melompat dari tempat yang tinggi seperti ranjang, kursi atau meja untuk menghindari cedera pada tulang belakangnya.

Puppies

Dachshund dapat melahirkan antara 3-7 ekor anakan. Breeding Dachshund sangat mudah karena tingkat kematian bayi Dachshund sangat rendah. Jarang sekali Dachshund melahirkan dengan proses bedah Cesar karena Dachshund memiliki tulang pinggul yang besar.

Iklan