Tag

,

barking dog

barking dog

Sahabat 107dog terkadang masih ada yang salah mengira bahwa istilah “Watchdog” (anjing pengawas) dan “Guard Dog” (anjing penjaga) adalah dua istilah yang sama atau “watchdog” adalah istilah lain dari “guard dog”. Pada kenyataannya, ada perbedaan besar antara “watchdog” dengan “guard dog”.

Anjing Pengawas / Watchdog

Anjing Pengawas disebut juga dengan “alarm dog” adalah anjing yang digunakan untuk memperingatkan pemiliknya bahwa ada sesuatu yang tidak beres, biasanya dengan menggonggong.

Contoh umum dari penggunaan anjing pengawas adalah untuk memperingatkan pemiliknya dari penyusup atau orang asing.  Anjing pengawas cenderung sering menggonggong. Anjing jenis ini jangan diharapkan untuk terlibat (menggigit) ancaman, atau bahkan untuk menjaga tanah mereka, karena pekerjaan mereka hanya sebagai “alarm” untuk menyatakan adanya bahaya.

Anjing pengawas yang baik adalah dapat memberikan alarm/peringatan dan tetap berada diluar “bahaya/ancaman” sampai ada bantuan tiba untuk mengambil tindakan. Anjing jenis ini terdiri dalam berbagai ukuran dan bentuk. Tubuh berukuran besar, berani, dan memiliki kekuatan yang luar biasa tidak diperlukan untuk menjadi anjing pengawas.

Anjing yang termasuk dalam anjing pengawas/ Watchdog adalah :

1. Rottweiler
2. German Shepherd
3. Scottish Terrier
4. West Highland White Terrier
5. Miniature Schnauzer
6. Yorkshire Terrier
7. Cairn Terrier
8. Chihuahua
9. Airedale Terrier
10. Poodle (standard/miniature)
11. Boston Terrier
12. Shih Tzu
13. Dachshund
14. Silky Terrier
15. Smooth Fox Terrier, Wire Fox Terrier

Kecil kemungkinannya, tapi jenis anjing ini mungkin juga cenderung menggonggong, yaitu Pomeranian, Toy Poodle, Welsh Corgi, Shetland Shepherd Dog, Lhasa Apso, Akita, Maltese Terrier, Pekingese, Boxer, Samoyed, English Springer Spaniel, Dalmatian, dan Setter Irlandia.

Anjing Penjaga / Guard Dog

Anjing Penjaga adalah anjing yang digunakan untuk menjaga properti atau makhluk hidup (termasuk keluarga, anjing, kucing, ikan, burung dsbnya yang dimiliki oleh pemiliknya). Meskipun anjing guard dog mungkin bisa memberikan “peringatan” seperti anjing watchdog, mereka juga diharapkan untuk terlibat (menggigit) ancaman jika diperlukan.

Biasanya anjing penjaga memperlihatkan tampilan pertahanan yang kuat untuk mengusir (menakut-nakuti) ancaman agar pergi sembari menjaga tanah mereka dan menyerang ancaman jika tampilan awal tidak cukup menghalangi. Seekor anjing penjaga yang baik biasanya selalu memberikan peringatan yang jelas dengan tampilan pertahanan yang disebutkan tadi, sebelum bergerak untuk menggigit.

Tampilan pertahanan yang kuat adalah baris pertama pertahanan mereka. Anjing penjaga biasanya terdiri dari 2 jenis, yaitu anjing penjaga bertubuh besar berbulu tebal dan bertubuh besar berbulu pendek tipe bully / mastiff. Juga tanpa kecuali, beberapa jenis pinscher (terrier) dan jenis shepherd (seperti GSD). Ukuran, kekuatan, keuletan, keberanian, dan pandangan berkepala dingin adalah ciri anjing penjaga.

Anjing yang termasuk dalam anjing penjaga / Guard Dogs adalah :

1. Bullmastiff
2. Doberman Pinscher
3. Rottweiler
4. Komondor
5. Puli
6. Giant Schnauzer
7. German Shepherd
8. Rhodesian Ridgeback
9. Kuvasz
10. American Staffordshire Terrier
11. Chow Chow
12. Mastiff
13. Belgian Sheepdog, Belgian Malinois, Belgian Tervuren

Jenis anjing yang tidak cocok untuk anjing pengawas ataupun anjing penjaga adalah :
1. Bloodhound
2. Newfoundland
3. Saint Bernard
4. Basset Hound
5. Bulldog
6. Old English Sheepdog
7. Clumber Spaniel
8. Irish Wolfhound
9. Scottish Deerhound
10. Pug
11. Siberian Husky
12. Alaskan Malamute

Iklan