Tag

,

kissing dogMasalah-masalah anjing berkembang terutama disebabkan karena tindakan pemilik anjing itu sendiri mengenai apa yang “boleh dilakukan” dan “tidak boleh dilakukan” oleh anjingnya.

Kebanyakan orang ingin mempunyai anjing yang sempurna, namun mereka bahkan tidak atau hanya melakukan sedikit pelatihan kepatuhan kepada anjingnya. Kenyataannya adalah kebanyakan orang tidak mengerti akan apa yang diharapkan dan dibutuhkan oleh anjing itu sendiri.

Saat orang baru mulai memiliki anjing, beberapa anjing tersebut mungkin memang sudah bermasalah sebelumnya. Sedangkan beberapa anjing lainnya memiliki masalah yang baru muncul atau berkembang akibat dari hubungan anjing tersebut dengan pemiliknya.

Mengapa masalah bisa muncul dari hubungan antara pemilik dan anjing?

Berikut beberapa alasannya:

Pemilik tidak mengharuskan apa-apa kepada anjingnya (seperti “sit” atau “down”), sebaliknya anjing ini terus melakukan apa yang mereka inginkan sampai kemudian pemilik sudah tidak tahan lagi dan berteriak “SUDAH CUKUP!” Beberapa pemilik memanjakan anjing mereka dengan memberikan cinta dan kasih sayang yang berlimpah pada anjing yang seringkali akhirnya menciptakan dominasi dan agresi.

Selain itu, banyak anjing yang memiliki kelebihan/over energi yang tidak dikelola dengan baik dan dibiarkan begitu saja oleh pemilik mereka. Hal ini kemudian menjadi pemicu dari berbagai masalah seperti: menggali, mengunyah/mengigiti barang-barang dan menggonggong.

Meskipun setiap anjing memiliki masalah perilaku yang berbeda, untuk menyelesaikan masalah tersebut yang pertama adalah memerlukan pemahaman dasar atas hubungan Anda dengan anjing Anda (dari sudut pandang anjing).

Anda perlu meluangkan waktu untuk memahami seperti apa dunia atau kehidupan anjing Anda.

Semua anjing pada intinya memerlukan:

  • Aturan yang harus diikuti
  • Batasan-batasan untuk dihormati
  • Ekspektasi atas apa yang harus dilakukan dan kapan boleh dilakukan.

Dan hal-hal yang Anda minta kepada anjing Anda untuk dilakukan juga harus : beralasan, bisa diprediksi dan konsisten (di mata anjing Anda).

Sebagai contoh, coba kita ambil dari aktifitas yang paling sederhana, yaitu rutinitas makan. Dalam hal makanan, anjing memahami sangat jelas tentang urutan dan kontrol makanan. Makanan memiliki nilai tinggi bagi anjing Anda.

Jika jadwal makannya dua kali sehari dan Anda selalu makan lebih dulu, baru kemudian memberi makan anjing Anda serta sebelumnya menyuruh mereka untuk “sit” dan “down” terlebih dahulu (istilahnya mereka harus bekerja untuk mendapatkan makanan). Maka aktifitas ini bisa dikatakan:

  1. Beralasan
  2. Bisa diprediksi
  3. Konsisten

3 hal di atas yang harus menjadi dasar dari setiap kegiatan rutin yang Anda dan anjing Anda lakukan.

Sekarang jika Anda terapkan konsep yang sederhana ini ke dalam banyak hal yang juga memiliki nilai bagi anjing Anda seperti:

  • Akses ruang seperti akses ke sofa, ke dalam rumah dll
  • Mainan – perhatian atau kasih sayang
  • Bermain dan jalan-jalan

Jika semua diberikan oleh Anda dengan cara yang beralasan, bisa diprediksi dan konsisten, maka Anda semakin dianggap “penting” (sebagai pack leader-nya) bagi anjing Anda. Anjing akan belajar dari pola rutinitas yang didapatkannya. Dan bagi anjing, semua rutinitas ini mulai menciptakan rasa aman. Rasa aman ini yang kemudian menimbulkan serta meningkatkan kepercayaan dirinya. Semakin anjing Anda merasa aman dan percaya diri, maka tingkat stress pada anjing akan semakin berkurang, yang pada akhirnya masalah prilaku mereka juga berkurang.

Sebenarnya semua aktifitas di atas adalah aktifitas “pack” (sebagaimana kita tahu anjing adalah makhluk berkelompok atau disebut Pack) dan anjing menghubungkan semua hal yang Anda lakukan bersama mereka sebagai sebuah kegiatan berkelompok / “pack” – seperti kegiatan makan, beristirahat, bermain, berjalan, pelatihan, yang semuanya berdasarkan perintah yang diberikan oleh pack leader-nya yaitu Anda sendiri. Anjing yang sudah merasa memiliki pack leader, maka anjing tersebut tidak akan menjadi anjing yang dominan atau sebaliknya.

Mengembangkan kepercayaan diri pada anjing Anda dan keyakinannya terhadap diri Anda, akan mulai menciptakan hubungan kepercayaan dan keseimbangan/balance dalam diri anjing yang mungkin mulanya tidak memiliki kepercayaan diri. Anjing yang merasa tidak aman, takut atau diluar kendali akan mulai menganggap Anda adalah peran/pegangan yang penting bagi mereka (sebagai pack leader-nya). Anda merawat mereka dan mereka juga ingin merasa “dimiliki/dicintai” oleh pemiliknya, sehingga mereka akan meminta persetujuan dari Anda untuk menjadi bagian dari “pack” yaitu dengan cara mematuhi perintah yang diberikan. Dengan ini, maka melatih anjing Anda akan menjadi jauh lebih mudah.

Untuk mengembangkan hubungan terbaik Anda dengan anjing Anda, ingatlah bahwa komunikasi terbaik dengan anjing adalah saat kita menggunakan :

  1. Bahasa tubuh
  2. Kontak mata
  3. Nada suara

Tunjukkan kasih sayang Anda dengan sentuhan (bahasa tubuh). Biarkan anjing Anda tahu bahwa Anda menghargai apa yang telah dilakukannya dengan pujian yang tulus dan hangat (nada suara). Pastikan Anda memberi dan mendapatkan fokus perhatiannya (kontak mata).

Semua ini akan mulai menciptakan “ketenangan” dalam diri anjing, disaat Anda membangun kepercayaan dalam hubungan dengan anjing Anda. Hal ini sangat mudah. Anda dapat mulai sekarang. Perbaiki komunikasi Anda dengan anjing Anda dan bangunlah hubungan yang baik dengan anjing Anda.

Sumber: petiquettedog.com

Iklan