Tag

, ,

Caplak | 107dog.wordpress.comCaplak anjing adalah ektoparasit yang telah dikenal diseluruh dunia. Di indonesia, caplak anjing terdapat di hampir seluruh kepulauan. Induk semang utamanya adalah anjing, biasanya terlihat menempel di daun telinga atau tempat yang tidak berambut!

Caplak anjing mempunyai 4 tahap pertumbuhan dalam daur hidup, yaitu telur, larva, nimfa, dan dewasa. Caplak dewasa yang belum menghisap darah bentuk tubuhnya pipih bila dilihat dari samping dan warna tubuhnya merah kecoklat-coklatan dengan ukuran sebesar kepala jarum (sekitar 2,5 mm). Tubuh caplak betina dapat menggembung samapai sebesar biji jagung bila kenyang menghisap darah dan warna tubuhnya berupa menjadi kehitam-hitaman.

Jenis golongan ini termasuk kedalam caplak bertubuh keras dengan bagian mulut terdapat ujung badan dan berinduk semang tiga yang berarti untuk melengkapi daur hidupnya diperlukan pergantian induk semang tiga kali.

Caplak betina yang sudah kenyang akan menjatuhkan dirinya untuk meletakan telur sejumlah 3.000 butir atau lebih yang dikeluarkan sedikit demi sedikit, caplak akam mati setelah bertelur. Larva akan mencari induk semang yang baru dan bila telah kenyang menghisap darah akan jatuh ke tanah untuk berganti kulit. Nimfa yang baru ini pun akan langsung mencari induk semang yang baru lagi, jika sudah kenyang akan jatuh lagi untuk mejadi dewasa. Caplak jantan dan caplak betina akan menempel pada induk semang bukan hanya untuk menghisap darah tetapi untuk berkembangbiak. Seluruh daur hidupnya dipenuh selama 60 hari.

Diluar negeri, caplak anjing sangat ditakuti karena sanggup menjadi penular beberapa penyakit, baik pada manusia atau binatang. Tetapi di Indonesia penularan penyakit yang dilakukan oleh caplak anjing ini belum pernah di laporkan. Namun tanpa membawa penyakit pun caplak ini sudah sangat mengganggu karena anjing akan menurun kesehatannya, akibat kekurangan darah atau kurang tidur karena rasa gatal yang terus menerus dan dapat mengakibatkan kulitnya terluka karena garukan dan gigitan anjing itu sendiri.

Iklan