Tag

,

Anjing Digosok Perutnya | 107dog.wordpress.comKetika melihat anjing Anda berguling dan menawarkan perutnya untuk digosok, rasanya tentu sulit bagi kita untuk menolaknya. Perutnya yang gendut, gayanya yang seolah manja membuat kita tidak bisa menahan untuk menggosok-gosok perutnya. Apalagi jika ia terlihat sangat menyukainya.

Lalu, yang menjadi pertanyaan kenapa yah banyak anjing yang sangat suka digosok-gosok perutnya?

Dr Margaret Gruen, DVM mengatakan kepada Vetstreet.com bahwa meskipun kucing dan anjing suka mengekspos atau memperlihatkan perut mereka, alasan keduanya bisa berbeda. Kucing seringkali berbaring dengan punggung mereka dibawah dan perut terlihat dalam postur defensif, yang artinya bukan merupakan sebuah ajakan atau undangan untuk menggosok perutnya, sedangkan anjing memiliki motif lain. “Anjing mengekspos perut mereka sebagai bagian dari tindakan submisif/tunduk, kadang-kadang bagian dari bermain, dan dengan orang-orang yang mereka merasa nyaman,” kata Dr. Gruen. Meskipun ada unsur submisif bukan berarti mereka tidak menikmati gosokan perut yang mereka terima. Jika anjing nyaman dengan orang yang membelainya, maka anjing itu kadang akan menggulingkan badannya agar bisa mendapatkan gosokan diperutnya. “Terlihat bagi anjing-anjing ini, gosokan perut terasa enak bagi mereka,” ujarnya.

Lain cerita jika seekor anjing menggulingkan atau menelentangkan tubuhnya segera setelah ia didekati. “Anjing-anjing ini menunjukkan perilaku submisif,” jelas Dr. Gruen, “Terutama jika perilakunya disertai dengan postur submisif lainnya seperti menyelipkan ekor atau menjilat bibirnya.” Untuk kasus seperti ini, mencoba menggosokan perut anjing bukanlah respon yang terbaik, setidaknya tidak dilakukan pada waktu awal karena anjing bisa merasa terintimidasi oleh seseorang yang mendekat untuk menggosokkan perutnya. “Untuk anjing-anjing seperti ini, cara terbaik untuk membuat mereka merasa nyaman adalah dengan posisi merendah, seperti duduk dan memanggil anjing tanpa membungkuk atau menggapai mereka,” kata Dr. Gruen.

Jadi Menggosok atau Tidak Menggosokan Perut…

Dr. Gruen mengatakan bahwa pada umumnya, ketika anjing berguling untuk meminta perutnya digosok, sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak memberinya. Tetapi sangat penting untuk dicatat bahwa tidak disarankan untuk membaringkan atau menelentangkan tubuh anjing untuk menggosok perutnya (dengan kata lain bukan anjingnya sendiri yang membaringkan dirinya) karena dapat membuat anjing merasa cemas atau menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan baginya. Dr. Gruen mengatakan bahwa ada situasi dimana tindakan menggosok perut mungkin tidak diinginkan. “Perhatikan isyarat anjing Anda jika ia ingin digosok perutnya. Anjing biasanya tidak ingin mengekspos perut mereka dalam segala situasi, seperti ketika di luar atau di lingkungan sekitar yang tidak familiar baginya.”

Anda tidak perlu khawatir jika anjing Anda tidak suka digosok perutnya, kata Dr. Gruen, karena sama seperti manusia, ia mungkin memiliki ide yang berbeda untuk membuat dirinya merasa nyaman.

Sumber/diterjemahkan dari: http://www.vetstreet.com/our-pet-experts/why-does-my-dog-like-to-have-his-belly-rubbed