Tag

,

Beach Dog | 107dog.wordpress.comAnjing wajib mendapat sinar matahari untuk kelangsungan hidupnya karena dengan sinar matahari maka vitamin D dan kalsium akan terserap oleh tubuh. Selain itu, sinar matahari juga dapat mengeringkan kulit yang tertutup oleh bulu. Terutama pada anjing yang memiliki bulu tebal, area kulit dibawah bulu pastinya akan mudah lembab, jika lembab maka akan bersarang jamur atau bakteri yang dapat menyebabkan anjing menderita Penyakit kulit.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menjemur & Berapa Lama?

Waktu yang terbaik menurut teori kedokteran adalah jam 6-8 pagi. Mungkin ada juga yang mengatakan jam 7 sampai jam 9 pagi. Kalau anda sebagai pemilik anjing memiliki waktu untuk menjemur anjing pada pagi hari, itu lebih baik. Tetapi bagaimana jika tidak ada waktu atau area rumah anda tidak mendapat sinar matahari pagi?

Ada 2 cara menjemur anjing, yaitu dengan cara “Paksa” dan cara “Suka-Suka”.

  • Cara “Paksa” adalah memaksa anjing untuk terkena sinar matahari di jam yang diinginkan oleh pemilik anjing. Biasanya pemilik anjing menggunakan kandang atau mengikat anjing diarea yang terkena sinar matahari. Biasanya, pemiliknya tidak ikut berjemur tapi lebih memilih area yang adem sambil berleha-leha. Mohon perhatiannya jika Anda menggunakan cara ini, selalu perhatikan kondisi anjing Anda terutama pada anjing berwarna bulu gelap seperti hitam atau coklat tua. Jangan menggunakan patokan waktu, misalnya 30 menit atau 1 jam tetapi lihat kondisi anjing Anda. Jika anjing Anda sudah ngos-ngosan, sebaiknya segera pindahkan anjing Anda ke area yang teduh dan jangan lupa berikan minum. Biasanya, anjing yang dijemur dengan cara “Paksa” ini akan lebih cepat kepanasan. Mungkin sekitar 5 menit, mereka sudah akan kepanasan dan ngos-ngosan. Saya tidak suka dengan cara ini, karena lebih terkesan menyiksa anjing. Kenapa saya bilang menyiksa? kita lanjut membahas cara “Suka-Suka”.
  • Cara “Suka-Suka” adalah cara menjemur anjing sesuai dengan kemauan dan kebutuhan si anjing. Caranya dengan membebaskan dia di area yang cukup luas dimana ada area yang terkena sinar matahari dan ada area yang teduh. Anjing akan menjemurkan dirinya sendiri kapan saja dia merasa butuh. Sebagai hewan yang masih memiliki insting alami atau insting liar, mereka dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berjemur atau kapan waktunya sinar matahari yang terbaik untuk berjemur. Anda akan terheran-heran melihat mereka berjemur, mereka tidak akan ngos-ngosan!!!. Mereka akan terlihat seperti turis yang sedang berjemur di pantai Kuta. Kadang mereka bisa melakukan hal ini sampai berjam-jam lamanya tanpa ngos-ngosan. Apakah mereka akan berjemur sesuai teori kedokteran yaitu jam 7-9 pagi? Belum tentu, kadang mereka berjemur jam 11, 12 atau 2 siang.

Dicara “Suka-Suka” ini, kadang mereka memilih lokasi dengan permukaan pasir. Sembari berjemur, mereka menggosok-gosokan tubuhnya dengan pasir. Kenapa mereka melakukan hal ini? pasir mengandung mineral, dan pasir hangat ternyata sangat baik untuk membasmi bakteri atau jamur karena bakteri dan jamur tidak bisa hidup disuhu yang panas.

Saya pernah dipinjamkan anjing yang selalu sakit kulit selama setahun. Saya taruh anjing tersebut di halaman belakang. Saya perhatikan, tiap jam 2 dia selalu menjemurkan dirinya. Setelah 2 bulan, kulit anjing tersebut sembuh dengan sendirinya tanpa perlu diberi obat kulit. Ternyata, Mereka bukan hewan yang bodoh. Mereka tahu cara untuk menyembuhkan diri mereka jika sedang sakit. Hanya saja, karena banyak dari kita yang memelihara anjing dikandang maka mereka tidak punya kesempatan untuk melakukan penyembuhan secara alami.

Ok, Anda tidak memiliki area terbuka yang luas untuk melepas anjing Anda dan waktu Anda juga tidak banyak. Setidaknya, Anda bisa mengajak anjing Anda bermain di taman pada siang hari di hari libur Anda. Di pantai akan lebih baik karena pasir pantai mengandung banyak mineral. Lakukan setidaknya sekali dalam sebulan, niscaya anjing Anda akan lebih sehat.

Sumber: anjingkita.com

Iklan