Tag

, , ,

Dog Bath | 107dog.wordpress.comKetombe pada anjing (Canine dandruff) terlihat sangat mirip dengan ketombe manusia. Serpihan kulit putih muncul pada bulu dekat kulit anjing Anda. Ketombe pada anjing bisa disebabkan karena alergi, kulit kering atau infeksi parasit.

Ada beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi ketombe pada anjing anda:

  1. Memandikan anjing Anda secara rutin untuk membersihkan serpihan ketombe sebelum akhirnya menumpuk. Memandikan anjing Anda dua kali dalam sebulan dapat membantu membersihkan masalah ketombe tersebut. Namun sebaliknya, jangan juga terlalu sering memandikan anjing Anda misalnya lebih dari seminggu sekali, karena keseringan mandi juga bisa menyebabkan masalah kulit kering dan ketombe. Gunakan mild shampoo seperti shampoo bayi biasa dan pijat secara menyeluruh ke kulitnya. Pastikan Anda membilas dan mengeringkan bulu anjing dengan baik.
  2. Jika tidak mempan dengan menggunakan sampo bayi biasa, cobalah menggunakan sampo anjing anti ketombe yang mengandung sulfur (belerang) atau salicylic acid (asam salisilat). Setelah digunakan ke seluruh tubuh, biarkan selama kurang lebih 5 menit agar bahan aktif di dalam sampo tersebut bekerja. Jangan gunakan sampo perawatan untuk manusia karena bisa berbahaya bagi anjing Anda. Selain itu, untuk mencegah agar ketombe tidak semakin parah, jangan gunakan sampo yang mengandung insektisida seperti kebanyakan yang terdapat pada sampo anti kutu. Sampo-sampo ini membuat kulit anjing menjadi sangat kering, meskipun sudah ditambahkan dengan pelembab/moisturizer.
  3. Anda dapat menggunakan sabun colloidal oatmeal yang digunakan manusia untuk kulit kering agar membantu meringankan pengelupasan. Sabun Oatmeal sangat baik untuk anjing yang berketombe karena sabun ini dapat melembabkan kulit yang kering. (note: di indonesia sepertinya belum ada sabun ini, mungkin bisa dipesan via online)
  4. Menyisir bulu anjing secara teratur setiap hari juga diperlukan. Menyisir bulu secara merata dapat membantu agar minyak alami pada kulit didistribusikan dengan baik di seluruh bulu. Selain itu, membantu menyeimbangkan sistem tubuh anjing Anda dan memastikan bahwa ketombe tidak akan muncul. Anda harus memilih bulu sikat yang tidak terlalu keras. Tes kelembutan bulu sikat dengan menggosokkannya pada punggung tangan Anda untuk mengetahui apakah terasa sakit jika digunakan. Jika cukup lembut untuk digunakan pada kepala Anda, maka pasti akan terasa nyaman digunakan pada anjing Anda.
  5. Beberapa dog food murah tidak menyediakan sejumlah vitamin dan mineral yang diperlukan bagi anjing Anda untuk menjaga kesehatan kulit. Mengganti dog food dengan kualitas tinggi bisa membantu menghilangkan masalah ketombe yang muncul. Selain itu, kadang ketombe juga terjadi karena anjing tidak mendapatkan lemak yang cukup pada makanannya. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter hewan jika ingin memberikan suplemen pada anjing Anda.
  6. Tambahkan beberapa minyak biji rami / flaxseed oil ke dalam makanan anjing Anda. Asam lemak (fatty acid) yang terkandung di dalamnya akan melembabkan kulit.

Jika ketombe anjing Anda tidak juga hilang dengan tips-tips diatas, periksakan ke dokter hewan. Parasit yang menyebabkan ketombe pada anjing mungkin dapat memberikan dampak yang buruk pada kesehatan anjing Anda. Ketombe yang disertai dengan bulu rontok bisa menjadi tanda dari alergi. Jika bulu rontok baru terjadi akhir-akhir ini, segera periksakan ke dokter hewan. Bulu rontok biasanya adalah gejala dari penyakit serius, seperti penyakit Cushing atau diabetes. Selain itu, kerontokan bulu bisa juga adalah gejala sekunder dari penyakit kulit seperti demodectic mange.

Minyak biji rami kaya akan Omega3. Tapi dalam bentuk ALA (alpha-linolenic acid). Tubuh perlu untuk merubah ALA menjadi EPA dan DHA untuk dapat mengambil benefitnya. Tubuh hanya dapat merubah 5% sd 25% ALA menjadi EPA dan DHA. Sementara minyak ikan (fish oil) kaya akan EPA dan DHA. Dengan segala hormat, untuk mengatasi ketombe, minyak ikan jauh lebih baik dari minyak biji rami. yang dikhawatirkan dari minyak ikan adalah kandungan mercuri dan PCB (semacam limbah industri) yang tinggi. Tapi minyak ikan yang baik, tidak mengandung mercuri dan PCB, adapun dalam jumlah sedikit yang tidak berbahaya.

Untuk mengetes kandungan mercuri dan PCB bisa dilakukan dengan tooth stick test. Tuang atau keluarkan minyak ikan dari kapsulnya, taruh disebuah tempat kecil. Taruh tusuk gigi dengan posisi setegak mungkin, masukkan freezer selama 5jam. Bila Anda bisa mencabutnya dengan mudah, berarti kandungan mercuri dan PCB dari minyak ikan dalam batas yang aman untuk dikonsumsi.

Catatan: Untuk kesehatan dan perawatan penyakit yg menyerang colon (usus besar), ALA lebih baik dari EPA dan DHA.

Sumber:
supplementquality.com
bodyandsoul.com.au
vetinfo.com
marylandpet.com

Iklan