Tag

, ,

Cihuahua and puppies | 107dog.wordpress.comBiasanya, naluri alami anjing akan mengambil alih pada waktu persalinan dimulai. Namun, mungkin akan lebih nyaman jika anda bersama anjing Anda saat sedang proses persalinan. Anjing peliharaan bisa memiliki kepercayaan diri yang kurang dalam persalinan, dan beberapa jenis anjing dikenal memiliki beberapa masalah tertentu dengan whelping (istilah anjing untuk melahirkan). Bicarakan dengan dokter hewan Anda tentang potensi masalah yang mungkin ada sebelum Anda membantu persalinan anjing Anda.

1. Memprediksi kapan waktu melahirkan dan bagaimana hal itu akan dilakukan.

Masa kehamilan untuk kebanyakan anjing adalah sekitar 60-64 hari dari hari terakhir mereka menstruasi. Sama seperti semua kehamilan, ini bukan ilmu pasti tetapi dengan skala tadi, setidaknya Anda bisa menebak kira-kira kapan waktu melahirkannya. Jika masa kehamilan anjing Anda sampai 70 hari atau lebih atau proses kelahirannya berlangsung sangat lama, segera periksakan ke dokter hewan.

2. Saat waktu melahirkan sudah mulai dekat, mulai untuk lebih mengawasinya.

Dia mungkin akan mulai menyeret pakaian atau handuk ke lokasi gelap yang tersembunyi dan menjauh dari kebisingan. Akan lebih sulit untuk membantunya saat melahirkan atau mengawasi anak-anaknya jika dia bersembunyi, karena itu siapkan “whelping box” (kotak tempat induk anjing melahirkan) dengan sesuatu yang bisa dicuci sebagai lapisannya (bisa dengan handuk atau selimut bayi yang sudah tidak dipakai). Siapkan whelping box yang kuat dengan tinggi sekitar 15-20 cm untuk memudahkan jika nanti anjing ingin keluar masuk dan lapisi dengan handuk bersih, kain atau selimut. Anjing biasanya lebih suka tempat yang gelap, tenang dan hangat untuk melahirkan, karena itu mungkin mengapa sebagian besar kelahiran terjadi di malam hari.

Hal yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Sarung tangan latex / yang biasa dipakai dokter ( tersedia di apotik/toko obat)
  • Handuk bersih dan selimut yang tidak terpakai
  • Gunting yang sudah di sanitasi (diusapkan dengan alkohol)
  • Papan / kardus yang kuat untuk whelping box ( jika dimungkinkan jangan menggunakan kardus karena khawatir anak-anak anjing bisa mengunyahnya)
  • Kasa pembalut yang steril
  • Pipet penyedot
  • Benang
  • Susu bayi anjing (persiapan jika induk anjing kurang menghasilkan asi)
  • Nomor telpon dokter hewan (persiapan jika persalinan tidak berjalan dengan semestinya)

3. Periksa suhu tubuh anjing Anda melalui duburnya setiap hari begitu dia memasuki minggu ke 7 atau minggu ke 8 masa kehamilannya.

Saat suhunya turun menjadi di bawah 100 derajat Fahrenheit biasanya mendekati 99 derajat F (normalnya, suhu tubuh anjing 101 sampai 102 derajat F), kelahiran akan dimulai dalam 8 sampai 12 jam berikutnya. Biasanya saat mendekati waktu akan melahirkan, anjing mungkin akan menggigil, terengah-engah, muntah, atau menolak untuk makan. Semua gejala tersebut mengindikasikan bahwa dia mulai mengalami kontraksi dan leher rahimnya melebar.

4. Jika anjing Anda sudah terlihat akan melahirkan, segera bawa dia ke tempat whelping box yang sudah anda sediakan.

Biarkan dia berada disana sampai melahirkan. Anjing biasanya mengikuti insting mereka selama kelahiran, jadi Anda hanya perlu menemaninya dan membantunya jika terjadi sesuatu yang salah. Jangan heran jika saat melahirkan bayinya, anjing menjilat dan memakan kantung ketuban dan plasenta bayinya. Hal yang wajar dan diperlukan bagi anjing untuk memakan kantung ketuban dan plasenta setelah (dan selama) kelahirannya untuk memberikan nutrisi dan menambah energi yang hilang saat melahirkan .

Contoh saat-saat yang mungkin membutuhkan bantuan Anda adalah:

  • Saat bayi anjing susah dikeluarkan/tersangkut ( pegang dengan lembut dan tarik dengan hati-hati, kadang mungkin perlu diputar sedikit).
  • Pembersihan kantung ketuban bayi yang lama / ketunda oleh induknya (berikan waktu sekitar 1 menit bagi induknya untuk membersihkannya sebelum Anda membantunya). Anda bisa membantunya dengan menggunakan sarung tangan dan membukanya secara manual dan membersihkan semua cairannya dari hidung dan mulut bayi anjing. Lalu menggosokkannya dengan handuk.
  • Jika induk anjing tidak memutuskan tali pusar, maka ikatkan benang disekitarnya kira-kira 2,5 cm dari pusarnya dan potong dengan menggunakan gunting yang sudah disterilisasi (lakukan didekat induknya).
  • Jika Anda mendengar bayi anjing batuk atau tersedak terus, gunakan pipet penyedot pada mulut bayi anjing untuk menghisap cairan yang tertinggal didalamnya.

5. Pastikan anjing Anda selalu memiliki akses untuk makanan dan air minum setelah kelahirannya.

Bayi anjing memerlukan waktu 3 minggu untuk mengembangkan indera penciuman, penglihatan dan pendengarannya.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat ilustrasinya disini…

Sumber: wikihow.com

Iklan