Tag

, ,

Teeth And Bite | 107dog.wordpress.comGigi Anak Anjing

Semua anak anjing atau puppies lahir tanpa gigi. Mereka tidak memiliki gigi sebelum mencapai usia antara 6 sampai 8 minggu. Gigi mereka akan tumbuh sebanyak 28 gigi yang biasa dikenal sebagai gigi susu atau gigi bayi. Gigi susu pertama yang akan rontok adalah gigi seri (incisor) kemudian diikuti dengan gigi geraham depan (premolar) dan taring (canine). Anak anjing tidak memiliki gigi geraham paling belakang (molar), hanya ada gigi geraham depan.

Tumbuh Gigi

Untuk anak anjing, pertumbuhan gigi berlanjut selama beberapa bulan. Bagi mereka, hal ini bisa menjadi masa yang tidak nyaman dan menyakitkan. Saat anak anjing mulai tumbuh gigi, mereka akan lebih sering menggigit dan mengunyah dan mencoba berbagai benda dan tekstur yang berbeda untuk menghilangkan rasa sakit yang timbul akibat pertumbuhan giginya.

Gigi Tanggal atau Copot

Antara usia 3 bulan dan 7 bulan, anak anjing akan mulai tanggal gigi susunya. Akar gigi bayi akan diserap saat gigi dewasa tumbuh dan digantikan dengan gigi dewasa permanen. Pada usia 3 bulan, gigi seri mulai tanggal untuk membuat ruang bagi gigi dewasa baru. Pada usia 4 bulan, gigi geraham dewasa dan gigi taring dewasa akan mulai tumbuh. Kemudian antara usia 6 bulan dan 7 bulan, gigi geraham paling belakang akan tumbuh. Gigi dewasa akan lengkap pada usia 7 bulan sampai 8 bulan.

Pada saat anak anjing berusia 8 bulan, mereka harusnya sudah memiliki full set gigi dengan total 42 gigi, tetapi beberapa keturunan atau ras tertentu memiliki gigi lebih banyak atau lebih sedikit. Doberman Pinchers adalah contoh dari anjing yang memiliki gigi lebih sedikit. Jenis Spaniel dan greyhound cenderung memiliki gigi dengan jumlah lebih banyak.

Secara umum dikatakan juga bahwa semakin besar jenis anjingnya, semakin cepat pertumbuhan giginya, anjing betina tumbuh gigi lebih awal dibandingkan anjing jantan dan anjing dengan nutrisi yang kurang akan lebih lambat pertumbuhan giginya dibandingkan dengan anjing yang memiliki nutrisi baik.

Solusi untuk mengurangi rasa sakit yang timbul saat tumbuh gigi

Ada beberapa solusi sederhana untuk masalah mengunyah dan menggigit pada anjing yang ditimbulkan oleh pertumbuhan giginya. Coba berikan es batu atau kain lap yang telah dicelupkan ke dalam air, diperas dan dibekukan untuk membekukan atau membuat mati rasa gusi yang sedang meradang. Siapkan beberapa kain lap yang telah dibekukan tadi dan berikan satu kepada anak anjing setiap 2 atau 3 jam. Mainan chew toy dengan bahan karet keras juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan memberikan efek menenangkan pada anjing.

Chew Toy | 107dog.wordpress.comBerikan pijatan gusi pada anjing Anda. Duduk di belakang anjing, gunakan satu tangan untuk memegang dagunya sambil mengelus bagian luar mulut dengan lembut. Saat anjing sudah rileks, perlahan-lahan naikkan bibir atas dan pijat bagian atas dan bawah gusi dengan gerakan melingkar. Tekanan ringan akan meringankan ketidaknyaman mereka.

Hal yang perlu diperhatikan :

  • Seekor anjing mungkin bisa memiliki beberapa gigi susu yang tidak tanggal pada saat dimana harusnya sudah digantikan semua dengan gigi dewasa lengkap. Kecuali dicabut, gigi susu yang masih ada akan mengerumuni gigi yang permanen, mendorong akumulasi plak dan keselarasan rahang yang tidak tepat (maloklusi).
  • Hati-hati ketika memilih mainan mengunyah atau chew toy untuk membantu anjing Anda mengatasi rasa sakit tumbuh gigi. Jangan pernah memberikan mainan kunyah yang bisa mudah terkoyak-koyak atau pecah, karena potongan atau pecahan yang tertelan oleh anjing anda bisa mengakibatkan masalah pencernaan yang serius. Hindari juga mainan yang bentuknya mirip seperti barang di rumah Anda karena anjing tidak bisa membedakan antara sepatu mainan dengan sepatu sesungguhnya.

Sumber:
ehow.com
dailypuppy.com

Iklan