Tag

, , ,

Puppies | 107dog.wordpress.comMeskipun sebagian besar anak anjing dianggap dewasa ketika mereka mencapai usia 1 tahun, namun faktanya tingkat kedewasaan pada masing-masing jenis ras anjing sedikit berbeda, dan tidak semua anjing benar-benar tumbuh sepenuhnya pada ulangtahun pertama mereka.

Anjing ras kecil mencapai ukuran dewasanya lebih cepat dan beberapa ras besar tidak tumbuh sepenuhnya sampai sekitar usia 2 tahun. Sampai mereka dewasa sepenuhnya, anak anjing memerlukan nutrisi khusus untuk mendorong pertumbuhan yang sehat pada tingkat yang tepat.

Pertumbuhan Anak Anjing

Seekor anak anjing mencapai masa remajanya pada usia antara 6 bulan dan 18 bulan, tergantung pada jenis rasnya. Selama kurang lebih 6 bulan masa transisi antara masa puppy dan masa dewasa, anjing sudah hampir mencapai ukuran tubuh dewasanya dan tersisa sedikit lagi untuk tubuhnya bertumbuh.

Jika anak anjing belum disteril (spay/neuter), maka anak anjing akan menjadi matang secara seksual selama masa remaja dan mampu untuk bereproduksi. Semua bulu halus ketika masa anakan akan rontok dan bulu dewasanya akan tumbuh. Pada akhir masa remajanya, anjing akan tumbuh sepenuhnya menjadi anjing dewasa.

Tumbuh Dewasa

Setelah masa remaja, tubuh anjing Anda sudah berada pada tinggi maksimal dewasanya. Begitu tulang anjing Anda berhenti tumbuh, maka tinggi tubuhnya tidak akan lagi bertambah, meskipun ia masih bisa menaikkan berat tubuh dan ototnya selama beberapa bulan setelah pertumbuhan tulangnya berhenti.

Anjing ras kecil, yang memiliki berat tubuh tidak lebih dari 30 pounds (setara 13.6 kg) pada masa dewasanya, akan berhenti tumbuh di usia 10 bulan, dan diusia 12 bulan mereka akan mencapai ukuran dewasa maksimal. Pada jenis ras sedang atau medium, yang beratnya sampai dengan 80 pounds (setara 36 kg), akan mencapai ukuran dewasa maksimal mereka antara usia 12 dan 16 bulan, menurut situs Cesar’s Way. Untuk jenis ras besar, yang memiliki berat lebih dari 80 pounds, akan mencapai ukuran dewasa maksimal antara usia 18 bulan dan 2 tahun.

Mengestimasi Ukuran Saat Dewasa

Jika anak anjing Anda masih kecil tetapi Anda ingin memperkirakan berapa ukurannya saat ia dewasa nanti, Anda bisa memperkirakan berat tubuhnya dengan menggandakan berat tubuh saat usia 4 bulan, rekomendasi dari PetEducation.com. Untuk jenis ras raksasa atau giant, gandakan ukuran anak anjing Anda saat usia 5 bulan, untuk memperkirakan berat tubuhnya saat dewasa nanti. Anda juga bisa melihat dari orangtua anak anjing Anda, jika Anda tahu siapa mereka, untuk memperkirakan kurang lebih ukuran maksimalnya saat dewasa nanti.

Makanan untuk Masa Pertumbuhan

Sangat penting untuk memberi makan anjing Anda yang sedang dalam pertumbuhan berdasarkan jenis ras dan usianya. Dogfood khusus puppy mengandung kalori dan nutrisi seperti protein, lemak, kalsium, dan fosfor untuk mendorong dan mendukung pertumbuhan yang sehat.

Jenis ras besar dan Giant juga membutuhkan makanan yang khusus didesain untuk mereka. Dogfood untuk anak anjing ras besar mengandung kalori, fosfor, dan kalsium yang lebih sedikit untuk mendorong pertumbuhan tulang lebih lambat. Formula untuk ras besar ini tidak mendorong pertumbuhan yang cepat seperti formula lainnya, karena untuk mencegah munculnya orthopedic dan penyakit sendi di kemudian hari. Berikan dogfood khusus puppy yang sesuai dengan jenis rasnya sampai ia mencapai setidaknya 80 persen dari ukuran dewasanya, biasanya sekitar usia 1 tahun. Jika Anda tidak yakin, konsultasikan dengan drh tentang makanan apa yang direkomendasikan untuk puppy Anda.

Baca artikel lainnya:
7 Tahapan Perkembangan Anak Anjing
Tahap Pertumbuhan Gigi pada Anjing
Kumpulan Pertanyaan & Jawaban Seputar Pemberian Dog Food untuk Anjing

Sumber dan diterjemahkan dari:
http://dogcare.dailypuppy.com/long-puppy-its-full-size-4101.html
http://www.cesarsway.com/askthevet/commonhealthadvice/Switching-Food
http://www.peteducation.com/article.cfm?c=2+2108&aid=1068

Iklan