Tag

, ,

Golden Family | 107dog.wordpress.comKetika induk anjing menolak satu atau beberapa bayinya, itu biasanya berarti ada sesuatu yang salah dengan kesehatan dirinya atau bayi-bayinya. Tanpa perawatan induknya, bayi anjing yang ditolak membutuhkan perawatan dukungan segera dari Anda sebagai pemilik anjing dan perawatan dokter hewan sesegera mungkin.

Kondisi Bayi Anjing Sakit

Seekor induk anjing akan menolak bayinya jika si bayi dalam kondisi sakit, apakah karena infeksi bakteri atau virus, cacat lahir bawaan atau penyakit lainnya seperti anemia. Ketika bayi anjing gagal untuk berkembang (biasa disebut fading puppy syndrome), maka induk anjing akan berhenti menyusuinya atau menghangatkannya karena ia merasa bahwa bayinya tidak akan mampu bertahan.

Jika sang induk sudah sampai mendorong anak-anaknya agar menjauh darinya maka sangat penting Anda harus membawa anak-anaknya ke dokter segera untuk mendapat perawatan.

Naluri Keibuan (Maternal Instinct)

Induk anjing yang masih muda belum berpengalaman dan anak-anak anjing yang dilahirkan melalui operasi caesar cenderung kurang memiliki naluri keibuan yang diperlukan untuk merawat anak-anak mereka. Salah satu alasannya adalah kurangnya hormon oxytocin pada induk anjing, yang berfungsi untuk merangsang perilaku keibuan setelah melahirkan. Tanpa hasrat hormonal untuk merawat anak-anaknya, membuat induk anjing akan menolak anaknya.

Bahkan induk anjing mungkin akan membahayakan anaknya, karena itu yang terbaik adalah memisahkan induk dan anak anjing jika Anda melihat adanya perilaku agresif pada induk anjing terhadap anak-anaknya. Berikan susu formula sebagai pengganti asi. Jaga anak anjing agar tetap hangat dengan heating pad yang disetting rendah dan ditutupi dengan handuk tebal.

Kesehatan si Induk

Jika induk anjing mengalami sakit, ia akan menolak anak-anaknya hanya karena ia tidak memiliki kekuatan untuk merawat mereka. Beberapa induk anjing yang menyusui bisa menderita kondisi yang dikenal dengan mastitis.

Mastitis adalah infeksi kelenjar susu yang dapat timbul saat anjing Anda menyusui anak-anaknya. Selain itu, kemungkinan lain ia juga bisa menderita komplikasi pasca kelahiran seperti infeksi bakteri rahim yang disebut metritis, yang menyebabkannya menolak anaknya. Jika induk anjing kelihatan lesu, tidak mau makan, demam atau keluar cairan nanah pada vagina atau putingnya, bawa segera ke dokter hewan untuk mengobatinya bersama dengan anak-anaknya, yang mungkin juga membutuhkan perawatan pendukung.

Pertimbangan si Induk karena Merasa Kewalahan

Kadang-kadang seekor induk anjing akan menolak satu atau beberapa anaknya karena terlalu banyak anak yang harus dirawatnya. Jika induk anjing tampak kewalahan dengan anak-anaknya, berikan susu botol untuk anak yang ditolak atau tidak mendapat perawatan dari induk anjing.

Berikan tempat yang tenang, terpencil untuk induk anjing dan anaknya, karena induk yang stres lebih mungkin untuk menolak anaknya. Berikan makanan yang mengandung lebih banyak lemak dan protein untuk induk anjing dibandingkan dog food biasanya. Ini akan memberikannya ekstra kalori yang diperlukan untuk merawat anak-anaknya.

Sumber: pets.thenest.com

Iklan