Tag

,

Vetenarian | 107dog.wordpress.comMembawa anjing ke dokter hewan mungkin bisa menjadi mimpi buruk bagi sebagian pemilik apalagi bagi anjing itu sendiri. Bayangkan bagaimana perasaan anjing ketika mereka melihat seseorang yang tidak dikenal menyentuh tubuhnya, mengeluarkan alat-alat yang mengerikan dan menyuntikkan sesuatu yang menyakitkan, tampaknya tidak ada alasan baik yang dapat membuat anjing menyukai suasana tersebut.

Dan jangan lupa masih ada suasana di ruang tunggu yang juga bisa membuat hal tidak menyenangkan bagi anjing Anda seperti saat pasien lain mulai mengendusnya, menatapnya dan mungkin mulai mencoba berkelahi dengannya. Sekarang, Anda bisa membayangkan mengapa anjing Anda selalu ketakutan setiap kali Anda ingin membawanya ke dokter.

Apakah itu kunjungan pertama atau sudah beberapa kali ke dokter namun anjing Anda memiliki sejarah perilaku buruk atau ketakutan setiap kali berada di ruangan dokter, tips-tips berikut mungkin dapat membantu agar kunjungan ke dokter lebih lancar dan menyenangkan bagi Anda dan anjing Anda:

  • Gunakan waktu beberapa menit setiap hari untuk menirukan gerakan dokter seperti meraba perut, mengangkat telinga, membuka mulutnya, memeriksa matanya dan hal lain yang biasa dokter lakukan sehingga anjing Anda akan terbiasa dan bisa rileks dengan proses tersebut. Lakukan ketika waktu bermain atau saat anjing Anda sedang tenang dan patuh.
  • Beberapa anjing takut ketika berada ditaruh di timbangan. Hal itu karena timbangan bisa bergoyang-goyang. Jika anjing Anda kecil, Anda bisa mensimulasikan pengalaman ini dengan menaruhnya di timbangan kamar mandi. Jika anjing Anda besar, Anda bisa berimprovisasi menempatkan di meja rendah dan buat agar bisa goyah dengan menaruh sesuatu di bawah kaki meja. Berikan treat atau penguatan positif (positive reinforcement) kepada anjing Anda, dan latih agar mereka bisa tetap berdiri tenang di atas timbangan dalam jangka waktu tertentu. Tidak perlu lama, cukup sampai dengan 15 detik saja. Lebih lama dari itu, hanya akan membuat anjing Anda kehilangan minat melakukan itu. Pada akhirnya, Anda juga mungkin ingin mengajarkannya perintah untuk melangkah ke timbangan.
  • Hal menakutkan lainnya di ruang dokter adalah berada di meja pemeriksaan yang tinggi. Anda juga bisa melatih ini dirumah jika Anda memiliki meja yang cukup tinggi. Jika Anda tidak memiliki meja yang tinggi, maka alternatif lainnya Anda bisa mencoba meminta kepada dokter hewan Anda apakah boleh jika anjing Anda diperiksa di lantai. Tentu saja dokter yang baik tentu akan mengerti hal ini.
  • Akan lebih baik jika anjing Anda sudah bisa melakukan perintah-perintah dasar, seperti sit, down, stay dan heel. Jika belum, cobalah latih perintah-perintah dasar tersebut sebelum mengunjungi dokter. Buat latihan menjadi menyenangkan dengan penguatan positif dan pujian sehingga ia akan percaya dengan bimbingan Anda, bahkan ketika Anda menuntunnya ke dokter.
  • Tiba di klinik dokter lebih awal sehingga anjing Anda masih memiliki waktu untuk mengendus dan buang air sebelum masuk ke klinik. Ia tentu tidak akan bisa rileks jika dalam kondisi kandung kemihnya penuh.
  • Menjaga agar ia tetap duduk di ruang tunggu. Alihkan pikirannya dari apa yang terjadi disekelilingnya dengan memberinya mainan favorit untuk dikunyah atau treat untuk cemilan.
  • Alihkan perhatiannya dengan mainan yang bisa mengalihkan perhatiannya untuk beberapa menit. Berikan elusan di punggung atau belakang telinganya sementara dokter memeriksanya. Sebelum mengunjungi dokter, Anda juga bisa mengajarkannya perintah “watch me” agar Anda bisa mengalihkan pandangannya misalnya ketika dokter akan menyuntik. Cara melatih perintah “Watch me” adalah buat ia duduk di depan Anda. Letakkan treat ditangan Anda dan tahan tangan berisi treat di dekat hidungnya untuk ia mengendus lalu pindahkan tangan ke dekat salah satu mata Anda dan katakan “Watch me” Begitu ia membuat kontak mata dengan Anda, berikan ia treat. Lakukan latihan ini setiap hari sampai ia mengerti dan mengikuti perintah Anda meskipun tanpa treat.
  • Hal terpenting untuk menjaga agar anjing Anda tetap tenang selama kunjungan ke dokter, adalah dengan menenangkan diri Anda sendiri terlebih dulu. Jika Anda juga gugup dengan hal ini, maka jangan heran jika anjing Anda juga merasakan hal tersebut, dan jika Anda tenang maka ia akan tahu bahwa ia sedang bersama dengan pack leadernya yang tenang dan percaya diri sehingga ia akan merasa aman.

Sumber:
dogcare.dailypuppy.com
cesarsway.com

Iklan