Tag

, ,

Banyak sekali sisir atau alat untuk menyisir bulu anjing yang dapat kita lihat di petshop sekitar. Pernakah terbesit dipemikiran atau perasaan Anda, begitu banyak jenis sisir, apakah akan digunakan semua pada seekor anjing Anda di rumah?.

Berikut adalah jenis-jenis sisir dan kegunaannya.

1. Slicker Brush

Slicker Brush | 107dog.wordpress.com

Slicker Brush merupakan alat yang didesain untuk menuntaskan bulu kusut, dan juga untuk mencabut bulu yang mati dan dengan lembut menstimulasi kulit, membuang kulit mati dan menghasilkan sirkulasi yang sehat. Banyak orang menggunakan slicker brush pada akhir penyisiran karena menambah kilap pada bulu anjing. Beberapa jenis hewan menyukai sensasi yang ditimbulkan slicker brush ini, sepert sensasi cakaran.

2. Pin Tail Comb

Pin Tail Comb | 107dog.wordpress.com

Pin tail comb digunakan untuk menyisir wajah anjing yang membutuhkan top knot dan juga untuk membelah garis tengah di punggung atau untuk membelah rambut menjadi beberapa bagian maupun untuk mengikat rambut., contohnya: Yorkshire Terrier, Shih Tzu & Maltese.

3. Pin Brush

Pin Brush | 107dog.wordpress.com

Pin brush sangat baik untuk mencabut bulu mati pada anjing atau bulu anjing akan rontok pada perabotan, lantai dan bahkan baju pemiliknya. Pin brush juga sangat efektif untuk mengurai rambut yang kusut yang dapat ditemukan pada kebanyakan anjing yang memiliki bulu yang panjang. Banyak orang lebih memilih pin brush untuk menyisir bulu yang basah dibanding bristle brush, tooth-comb atau slicker brush yang dapat mengakibatkan pecahnya rambut, dikarenakan rambut menjadi rentan terhadap kerusakan pada saat basah.

4. Bristle Brush

Bristle Brush | 107dog.wordpress.com

Bristle brush pada umumnya digunakan sebagai sisir terakhir, setelah semua sisir telah digunakan. Bristle brush digunakan untuk meningkatkan sirkulasi dan menambah kilap pada bulu. Gunakan bristle brush untuk menata rambut yang longgar untuk membuat gaya tertentu pada bulu anjing setelah semua bulu mati dan bulu kusut telah di buang.
Bristle brush juga digunakan pada anjing berbulu pendek (smooth coat) seperti Miniature Pincher, Pitt Bull dan Boxer.

5. Toothed Comb

Toothed Comb | 107dog.wordpress.com

Toothed Comb merupakan sisir yang memilik gigi yang terdari dari gigi-gigi yang rapat dan juga gigi-gigi yang jarang. Gigi-gigi sisir yang rapat dapat digunakan untuk mengetahui adanya kutu di anjing Anda. Sedangkan Anda membutuhkan gigi-gigi jarang untuk mengurai bulu yang kusut pada anjing Anda. Jadi pergunakanlah toothed comb untuk mencegah adanya bulu kusut.

Sumber: Berbagai sumber